Artikel tentang: Makmur Bisnis

Pembukaan Akun Makmur Bisnis

Siapa saja yang bisa membuka akun Makmur Bisnis?
Akun Makmur Bisnis (MB) dapat dibuka oleh berbagai entitas berbadan hukum, seperti PT, CV, koperasi, yayasan, dan organisasi resmi lainnya.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk membuka akun MB?
Untuk membuka akun MB, ada 6 dokumen yang perlu disiapkan:

Akta pendirian perusahaan

SK Kemenkumham Pengesahan Akta Pendirian

NPWP Perusahaan

NIB (Nomor Induk Berusaha) atau SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

Akta Perubahan Anggaran Dasar Terakhir

SK Kemenkumham Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar Terakhir

Bagaimana alur pembukaan akun Makmur Bisnis?



Secara umum, alur pembukaan akun MB di Makmur terdiri dari tiga bagian utama:

Pembukaan Akun Pribadi
Sebelum membuka akun bisnis, Anda perlu memiliki akun pribadi terlebih dahulu. Akun ini akan digunakan sebagai akun perwakilan institusi dan dapat dimiliki oleh direktur, staf keuangan, atau pihak yang mendapat wewenang dari perusahaan.
Pembukaan Akun Bisnis
Setelah akun individu aktif, Anda dapat melanjutkan dengan proses pembuatan akun Makmur Bisnis. Pada proses ini Anda akan diminta untuk melengkapi pengisian data umum mengenai perusahaan seperti: nama perusahaan, posisi Anda di perusahaan, email resmi perusahaan, alamat perusahaan, tujuan investasi, profil risiko, dan informasi rekening bank perusahaan.
Verifikasi dan Aktivasi Akun Bisnis
Setelah semua informasi dan dokumen pendukung diunggah, tim Makmur akan memverifikasi data. Jika dinyatakan lengkap dan valid, akun Makmur Bisnis untuk perusahaan Anda akan diaktifkan.

Bagaimana cara mendaftar akun Makmur Bisnis?
Setelah menyelesaikan pembukaan Akun Pribadi, berikut cara mendaftar akun Makmur Bisnis:
Pilih menu “Pindah Akun” pada halaman Akun pribadi.



Kemudian klik tombol “ + Akun Makmur Bisnis” di bagian bawah untuk mulai membuat akun bisnis.



Isi informasi dasar perusahaan seperti nama, posisi Anda di perusahaan, dan email kantor.



Setelah data tersebut diisi, klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.



Isi alamat lengkap dan pilih kota perusahaan. Setelah itu, klik “Selanjutnya”.



Lengkapi data finansial perusahaan, seperti tujuan investasi, sumber dana, pendapatan tahunan, dan profil risiko. Setelah itu, klik “Selanjutnya".



Setelah mengisi data finansial, lanjutkan ke proses verifikasi data bank perusahaan. Klik “ Mulai” untuk memulai proses verifikasi.



Isi data bank perusahaan secara lengkap dan benar, termasuk nama bank, mata uang, nomor rekening, dan nama sesuai rekening. Klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan proses.
Penting: Nama sesuai rekening harus diisi dengan nama yang tercantum di laporan bulanan bank (E-Statement) atau pada cover buku tabungan.

Contoh: Jika pada laporan bulanan bank atau cover buku tabungan bank menggunakan nama "SEMUA BISA MAKMUR PT", maka mohon isi " SEMUA BISA MAKMUR PT" pada pengisian field nama sesuai rekening. Proses verifikasi akan gagal apabila informasi tersebut tidak cocok.



Siapkan dokumen legal perusahaan, seperti: Akta Pendirian, SK Kemenkumham, NPWP, NIB/SIUP, akta perubahan anggaran dasar terakhir dan SK Kemenkumham Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar Terakhir. Pastikan seluruh dokumen sudah lengkap, lalu klik “Unggah Dokumen di Makmur”.



Unggah seluruh dokumen yang diminta, yaitu: Akta Pendirian Perusahaan, SK Kemenkumham Pengesahan Akta Pendirian, NPWP Perusahaan, NIB atau SIUP, Akta Perubahan Anggaran Dasar Terakhir, dan SK Kemenkumham Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar Terakhir.



Pastikan setiap dokumen yang diunggah sudah sesuai dengan format. Setelah lengkap, klik “**Submit Data**” untuk melanjutkan proses pendaftaran.



Tampilan ini menunjukkan bahwa pengajuan pembukaan akun Makmur Bisnis Anda telah diterima. Tim Makmur akan segera memverifikasi data yang Anda kirimkan. Klik “OK” untuk melanjutkan atau hubungi Customer Service (CS) jika ada pertanyaan.



Setelah pengajuan berhasil, Anda akan diarahkan ke beranda. Status akun akan menunjukkan “Akun Bisnismu Dalam Proses Verifikasi”. Anda bisa klik “Lihat Detail Verifikasi” untuk memantau progresnya.



Setelah verifikasi berhasil dan Anda menerima notifikasi “Verifikasi Data Berhasil”, akun Anda sudah aktif dan siap digunakan.



Masuk ke beranda aplikasi, pilih produk yang ingin Anda beli, dan mulai berinvestasi dengan akun Makmur Bisnis Anda.



Diperbarui pada: 14/05/2025

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!