Pergantian Role Checker / Maker / Manager Makmur Bisnis
Berapa jumlah maksimum akun yang dapat mengakses Makmur Bisnis?
Makmur Bisnis memberikan opsi kepada institusi untuk menunjuk lebih dari satu pengguna sebagai administrator (admin), sesuai dengan struktur internal dan kebutuhan pengelolaan investasi perusahaan. Pada saat pendaftaran awal, perwakilan resmi dari institusi akan ditetapkan sebagai admin utama. Setelah proses pendaftaran selesai, institusi dapat menambahkan pengguna lain sebagai admin dengan pembagian peran (role) yang telah disediakan.
Apa saja jenis role admin yang tersedia di Makmur Bisnis?
Makmur Bisnis menyediakan empat jenis role bagi pengguna yang memiliki wewenang sebagai admin, yaitu:
Maker
Checker
Manager
Owner
Berikut merupakan deskripsi dan cakupan tanggung jawab dari masing-masing role:
Maker
Role ini diberikan kepada pihak yang memiliki wewenang untuk mengajukan transaksi. Namun, role ini tidak memiliki wewenang untuk menyetujui maupun mengeksekusi transaksi. Setiap transaksi yang dibuat memerlukan persetujuan dari Checker, Manager, atau Owner.
Checker
Role ini berfungsi untuk memberikan persetujuan atas transaksi yang dibuat oleh Maker.
Manager
Role ini sesuai bagi pihak yang bertanggung jawab dalam menjalankan fungsi administratif dan pengelolaan transaksi. Manager memiliki wewenang sebagai berikut:
Menambah atau mengeluarkan Maker/Checker
Pelaksanaan transaksi
Persetujuan transaksi yang diajukan oleh Maker
Owner
Merupakan role dengan tingkat akses tertinggi dalam sistem. Disarankan agar role ini diberikan kepada pihak yang memiliki kedudukan penting dalam perusahaan, seperti yang tercantum dalam akta pendirian atau menjabat sebagai direksi. Owner memiliki wewenang sebagai berikut:
Mengelola akun admin lainnya, termasuk menambah, mengubah, dan menghapus admin
Melakukan perubahan pada data perusahaan, alamat email, serta rekening bank
Melakukan transaksi
Menyetujui transaksi yang dibuat oleh Maker
Tabel 1. Pembagian Wewenang Role dalam Makmur Bisnis

Entitas bisnis tidak diwajibkan untuk menetapkan seluruh jenis role yang tersedia. Penunjukan role dapat disesuaikan dengan kebijakan internal dari masing-masing institusi.
Bagaimana cara menambahkan admin baru pada Makmur Bisnis?
Penambahan admin baru pada Akun Makmur Bisnis dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:
Pada halaman Beranda, klik nama Akun Makmur Bisnis Anda di bagian atas layar.
Lalu klik "Manajemen Admin".
Untuk menambah admin baru, klik tombol "+ Tambahkan Admin" di bagian bawah.
Masukkan nomor ponsel dan tanggal lahir admin baru, lalu klik "Cek Data" untuk melanjutkan proses verifikasi.
Penting: Pastikan admin yang akan didaftarkan sudah memiliki akun reksa dana di Makmur.
Nama admin akan muncul secara otomatis. Kemudian, tentukan Role Admin. Pada contoh ini, Admin baru yang ditambahkan akan memiliki role sebagai Maker. Setelah memastikan semuanya sesuai, klik "Selanjutnya".
Setelah berhasil, akan muncul notifikasi bahwa admin baru telah ditambahkan. Klik "OK" untuk menutup notifikasi.
Nama admin yang baru akan muncul pada daftar admin beserta role yang ditetapkan.
Penting: Setelah proses penambahan selesai, akun admin baru akan secara otomatis memiliki akses Makmur Bisnis dan memiliki role yang sudah ditetapkan.
Bagaimana Cara Hapus Role pada Akun Makmur Bisnis?
Penghapusan role pada Akun Makmur Bisnis dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:
Pada halaman Beranda, klik nama Akun Makmur Bisnis Anda di bagian atas layar.

Lalu klik "Manajemen Admin".

Pilih nama admin yang ingin dihapus. (Dalam contoh ini, menghapus salah satu admin dengan role sebagai checker)

Setelah masuk ke halaman Pengaturan Admin, klik tombol "Hapus" di bagian bawah layar.

Akan muncul pop-up konfirmasi. Klik "Hapus" untuk menyetujui penghapusan admin.

Setelah berhasil, akan muncul notifikasi bahwa role tersebut telah dihapus dari daftar admin. Klik "OK" untuk menutup notifikasi.

Daftar admin akan otomatis diperbarui setelah admin berhasil dihapus.

Penting: Setelah proses penghapusan selesai, akses Makmur Bisnis oleh akun admin tersebut akan terhapus secara otomatis.

Bagaimana Cara Mengubah Role pada Makmur Bisnis?
Pengubahan role pada Akun Makmur Bisnis dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:
Pada halaman Beranda, klik nama Akun Makmur Bisnis Anda di bagian atas layar.

Lalu klik "Manajemen Admin".

Di halaman Admin, akan muncul daftar admin yang terdaftar. Pilih nama admin yang role-nya ingin diubah (contoh: perubahan role dari Maker ke Checker).

Penting: Pada contoh ini, role tersebut diubah oleh Manager.
Setelah memilih nama admin, Anda akan diarahkan ke halaman Informasi Personal yang menampilkan detail nama lengkap dan role saat ini. Untuk mengubah role, klik bagian Role Admin, lalu pilih role baru yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Lalu klik “Update”.

Sistem akan menampilkan konfirmasi. Klik “Perbarui” untuk menyimpan perubahan.

Setelah berhasil, akan muncul notifikasi yang menginformasikan bahwa admin baru telah ditambahkan ke dalam daftar admin. Klik “OK” untuk menutup notifikasi.

Diperbarui pada: 09/05/2025
Terima kasih!