Kenapa Dana Hasil Penjualan Reksa Dana Saya Sangat Lama di Transfer?
Terdapat dua faktor yang menyebabkan dana hasil penjualan Reksa Dana membutuhkan waktu yang lebih lama untuk masuk ke rekening Anda:
Manajer Investasi Membutuhkan Waktu untuk Menjual Aset Portofolio Reksa Dana
Menurut Peraturan OJK, proses ini memiliki batas waktu maksimal 7 hari kerja, yang tidak termasuk hari libur atau akhir pekan.
Mengapa proses ini bisa memakan waktu lama?
Dana investasi Anda sudah tidak dalam bentuk cash, melainkan telah dialokasikan ke berbagai aset seperti deposito, obligasi, dan saham. Ketika Anda melakukan penjualan Reksa Dana, Manajer Investasi perlu menjual aset-aset tersebut, yang kemudian dihitung, dicatat, dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Setelah seluruh proses selesai, dana tersebut baru dapat ditransfer ke rekening Anda. Oleh karena itu, proses ini tidak dapat diselesaikan secara instan.
Namun, tidak semua Reksa Dana memerlukan waktu yang lama. Contohnya, Reksa Dana Pasar Uang hanya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja sebelum dana hasil penjualan dapat masuk ke rekening Anda.
Transfer Dana Penjualan Gagal
Ada dua faktor utama yang dapat menyebabkan kegagalan dalam proses transfer dana hasil penjualan Reksa Dana Anda, yaitu:
Perbedaan Nama antara Rekening Bank dan Akun Terdaftar di Aplikasi MAKMUR
Kegagalan ini bisa terjadi apabila nama yang Anda daftarkan pada aplikasi MAKMUR berbeda dengan nama yang tercatat di rekening bank Anda. Pastikan bahwa nama yang terdaftar di aplikasi MAKMUR dan rekening bank Anda sesuai dengan identitas resmi Anda. Jika terdapat perbedaan nama (meskipun hanya satu huruf), pihak Bank Kustodian berhak membatalkan transfer dana hasil penjualan Reksa Dana Anda.
Rekening Bank Tidak Aktif atau Menggunakan Akun Virtual/E-Wallet
Jika rekening Anda telah tidak aktif ( dormant) atau ditutup, atau jika Anda menggunakan akun virtual atau e-wallet sebagai rekening pembayaran Reksa Dana, transfer dana dapat gagal. Untuk menghindari kegagalan transaksi, pastikan rekening bank Anda aktif dan sesuai dengan data akun MAKMUR Anda.
Manajer Investasi Membutuhkan Waktu untuk Menjual Aset Portofolio Reksa Dana
Menurut Peraturan OJK, proses ini memiliki batas waktu maksimal 7 hari kerja, yang tidak termasuk hari libur atau akhir pekan.
Mengapa proses ini bisa memakan waktu lama?
Dana investasi Anda sudah tidak dalam bentuk cash, melainkan telah dialokasikan ke berbagai aset seperti deposito, obligasi, dan saham. Ketika Anda melakukan penjualan Reksa Dana, Manajer Investasi perlu menjual aset-aset tersebut, yang kemudian dihitung, dicatat, dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Setelah seluruh proses selesai, dana tersebut baru dapat ditransfer ke rekening Anda. Oleh karena itu, proses ini tidak dapat diselesaikan secara instan.
Namun, tidak semua Reksa Dana memerlukan waktu yang lama. Contohnya, Reksa Dana Pasar Uang hanya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja sebelum dana hasil penjualan dapat masuk ke rekening Anda.
Transfer Dana Penjualan Gagal
Ada dua faktor utama yang dapat menyebabkan kegagalan dalam proses transfer dana hasil penjualan Reksa Dana Anda, yaitu:
Perbedaan Nama antara Rekening Bank dan Akun Terdaftar di Aplikasi MAKMUR
Kegagalan ini bisa terjadi apabila nama yang Anda daftarkan pada aplikasi MAKMUR berbeda dengan nama yang tercatat di rekening bank Anda. Pastikan bahwa nama yang terdaftar di aplikasi MAKMUR dan rekening bank Anda sesuai dengan identitas resmi Anda. Jika terdapat perbedaan nama (meskipun hanya satu huruf), pihak Bank Kustodian berhak membatalkan transfer dana hasil penjualan Reksa Dana Anda.
Rekening Bank Tidak Aktif atau Menggunakan Akun Virtual/E-Wallet
Jika rekening Anda telah tidak aktif ( dormant) atau ditutup, atau jika Anda menggunakan akun virtual atau e-wallet sebagai rekening pembayaran Reksa Dana, transfer dana dapat gagal. Untuk menghindari kegagalan transaksi, pastikan rekening bank Anda aktif dan sesuai dengan data akun MAKMUR Anda.
Diperbarui pada: 27/03/2025
Terima kasih!